Plastik dari Gula

Para peneliti di Imperial College London telah berhasil mengubah gula yang ditemukan di pohon-pohon yang tumbuh cepat dan rumput menjadi molekul besar, yang dikenal sebagai polimer, yang dapat digunakan untuk membuat plastik. Meskipun sudah ada di pasar plastik terbuat dari bahan-bahan alami seperti jagung, tapi jenis ini tidak biodegrade atau hancur dengan cepat.

Penemuan baru tidak hanya akan mengurangi penggunaan minyak, yang biasanya digunakan untuk membuat plastik, tapi berpotensi memungkinkan orang untuk membuat kompos di rumah dari pasltik tersebut .

Plastik terbuat dari minyak perlu ratusan tahun untuk membusuk tetapi materi yang baru akan hancur dalam hitungan bulan. Charlotte Williams, dari Engineering and Physical Sciences Research Council yang membantu untuk mengembangkan materi baru berharap plastik yang terbuat dari gula dapat berada di rak-rak dalam lima tahun.

“Perkembangan penelitian tentang bahan ini sangat menjanjikan dan saya optimis bahwa teknologi ini bisa digunakan dalam waktu dua sampai lima tahun ke depan” katanya.

Sekitar tujuh persen dari seluruh dunia sumber minyak dan gas dikonsumsi dalam pembuatan plastik, dengan produksi di seluruh dunia melebihi 150 juta ton per tahun. Hampir 99 persen pembuatan plastik skrg ini berbahan dasar bahan bakar bakar fosil.

Dr Williams mengatakan penelitian Inggris telah menemukan cara mengekstrak polimer dari glukosa yang ditemukan di pohon-pohon dan rumput. Karena tanaman ini tidak diperlukan untuk makanan dan memerlukan lebih sedikit lahan untuk membuat jumlah plastik yang diperlukan, akan jauh kurang daripada menanam  tanaman untuk bahan bakar mobil.  Proses ini jauh lebih membutuhkan sedikit energi daripada metode sekarang memproduksi plastik. Materi yang baru juga lebih baik bagi lingkungan karena degradasi dengan cepat.

disadur dari dari Telegraph

One thought on “Plastik dari Gula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s