Permen Pahit

Permen (peraturan menteri) tentang konten multimedia terasa pahit bagi para pengguna internet. Pahit karena banyak pasal-pasal yang menurut saya bias. Definis dari Pengguna dan penyelenggara saja sangat2 tidak jelas, akan sangat berbahaya jika ini dimplementasikan.

saya ambil contoh pasal 1 ayat 11

11.Penyelenggara Jasa Multimedia, yang selanjutnya akan disebut Penyelenggara, adalah penyelenggara jasa Telekomunikasi yang menawarkan layanan berbasis Teknologi Informasi, meliputi jasa akses Internet, penyelenggara jasa interkoneksi Internet, penyelenggara jasa Internet teleponi untuk keperluan publik, penyelenggara jasa sistem komunikasi data, atau penyelenggara jasa Multimedia lain yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

wow di era web 2.0 ini masih ada yang belum mengerti juga tentang User Generated Content dimana pemilik konten adalah user bukan pemyelenggara. Bagaimana bila forum sekelas kaskus yang anggotanya ratusan ribu menyortir topik dan komen pengguna?

Bagaimana juga dengan ISP yang musti menyaring web2 yang boleh dan tidak boleh yang jumlahnya jutaan? bagaimana jika terjadi pelanggaran yang menggunakan wordpress sebagai blognya? apakah ISP harus memblokir wordpress? bagaimana dengan youtube? bagaimana dengan web2 yang lain?

Dari hati yang paling dalam saya hendak menyampaikan bahwa rpm konten adalah sesuatu yang mubazir, sia-sia dan tidak akan mengena ke sasaran. Kita udah ada UU ITE yang kontroversial, udah punya UU pornografi, dan undang-undang yang lain yang lebih bisa membatasi. Kalaupun Depkominfo mau “menyehatkan” pengguna internet di indonesia mungkin lebih baik memikirkan untuk bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang giat mengkampayekan internet sehat seperti ICT Watch dan  KISI karena apa yang mereka lakukan langsung ke end user.

Oleh sebab Itu dengan keras saya  MENOLAK RPM KONTEN!!!!

One thought on “Permen Pahit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s